Tuesday, July 4, 2017

Cara mudah nonaktifkan auto update otomatis windows 7, 8 dan 10

Sistem operasi windows adalah salah satu sistem operasi yang paling banyak digunakan sampai saat ini, bahkan sistem operasi windows menjadi sistem operasi paling populer untuk semua kalangan, baik kantoran maupun pribadi.

Ketika sistem operasi windows masih segar baru digunakan, baik itu windows 7, 8 maupun win 10, biasanya secara bawaan salah satu pengaturan yang dalam keadaan aktif adalah update otomatis windows, update otomatis tersbeut sangat berguna untuk memperbaiki bug-bug yang terdapat pada sistem windows dan juga melengkapi keamanan windows sehingga sistem operasi windows menjadi lebih baik.

Jadi anda jangan heran ketika di awal-awal komputer windows anda digunakan, windows akan secara diam-diam tanpa anda sadari melakukan download file-file update yang dibutuhkan secara otomatis, yang terjadi setiap kali komputer terhubung ke internet.


cara disable menonaktifkan windows update otomatis


Sehingga dengan demikian pada kompurer windows anda akan sering muncul notifikasi update atau informasi sedang proses download update yang biasanya muncul pada saat komputer dihidupkan atau ketika komputer dimatikan, seperti munculnya informasi pemberitahuan di layar turn off window "Preparing To Configure Windows. Please Do Not Turn Off Your Computer"

Memang terkadang cukup mengesalkan, karena jika notifikasi update tersebut muncul pada saat komputer di hidupkan atau ketika dimatikan, anda harus menunggu sampai selesai, karena jika langsung dimatikan isa berakibat rusaknya software maupun hardware.

Oleh karena itu untuk anda yang kebetulan tidak ingin komputernya melakukan update otomatis, maka anda bisa menonaktifkan otomatis update di komputer windows yang anda gunakan, dengan menonaktifkan update sebenarnya tidak akan apa-apa, karena update hanya digunakan untuk meningkatkan kualitas sistem saja. tanpa update pun pengalaman saya tidak akan terjadi apa-apa.

Masalahnya adalah masih banyak pengguna windows yang belum tau cara menonaktifkan atau mematikan update sistem operasi windows yang berjalan otomatis, maka oleh karena itu saya akan jelaskan di artikel kali ini untuk anda.

Cara mudah nonaktifkan auto update otomatis windows  7, 8 dan 10

Untuk menonaktifkan atau mematikan update otomatis pada komputer dengan sistem operasi windows baik windows 7, 8 maupun windows 10 langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Menonaktifkan update otomatis windows 10

Untuk menonaktifkan update otomatis (auto update) windows 10 langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Klik kanan start menu  > pilih control panel

masuk kontrol panel win 10

2.  Pada halaman control panel pilih system & schurity > administrative tools

3.  Pada halaman administrative tools di bilah menu sisi kiri silahkan pilih opsi Services


4.  Pada halaman services biasanya akan muncul daftar services, silahkan cari windows update,

mendisable windows update yang berjalan otomatis





5. lalu klik 2 kali (double click) pada tulisan windows update untuk masuk ke pengaturan services  windows update.

stop windows otomatic update

Pilih disable lalu stop, kemudian tekan ok.

Sampailangkah di atas windows update di komputer win 10 anda tidak akan lagi melakukan auto update secara diam-diam, anda bisa dengan nyaman menggunakan komputer tersebut.

Cara nonaktifkan auto update windows 7
Cara menonaktifkan automatic update windows 7 tidak jauh berbeda dengan windows 10, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. klik start menu, lalu pada kotak pencarian cara dengan kata kunci services, silahkan klik pada menu services yang muncul.


2. Pada halaman services, cari saja windows update lalu double click

mendisable windows update yang berjalan otomatis

3. Lalu pada dialog pengaturan, pada bagian startup type pilih opsi disabled, lalu tekan tombol stop dan yang terakhir tekan tombol OK

stop windows otomatic update

Sampai langkah di atas maka windows update pada windows 7 anda tidak akan lagi berjalan dan update pun akan berhenti.

Cara menonaktifkan auto update di windows 8
Untuk menonaktifkan update windows otomatis di komputer laptop atau pc yang menggunakan windows 8 langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Arahkan mouse ke sisi kanan sentuhkan dengan tepi sisi kanan, diamkan sampai muncul menu khusus win 8

 Kemudian pilih gambar roda gigi dengan tulisan Settings.

2. Lalu pada menu samping yang muncul lagi, pilih control panel

3. Di halaman kontrol panel tengok ke sudut kanan atas, pada bagian View by, silahkan pilih category

4. Silahkan pilih System and schurity > Windows update

5. Pada halaman windows update, pilih change settings di bilah menu sisi kiri, Jika sudah  masuk tampilan Change Settings. Anda perhatikan di kolom Important updates.

Di situ terdapat 4 macam pilihan yang bisa anda pilih. Untuk mematikan auto update windows 8 anda pilih urutan ke 4 yaitu "never check for updates" lalu klik OK.

Dengan pengaturan di atas win 8 anda tidak lagi akan melakukan update otomatis secara diam-diam.

Itulah artikel tentang Cara mudah nonaktifkan auto update otomatis windows  7, 8 dan 10, semoga membantu

No comments:

Post a Comment