Friday, June 23, 2017

Cara menghilangkan Iklan malware yang muncul di browser komputer pc atau laptop

Anda mungkin pernah mengalami ketika internetan di computer,  tiba-tiba browser yang anda gunakan seperti mozila firefox, google chrome dan browser lainnya banyak bermunculan iklan di layar browser tersebut tanpa anda kehendaki sebelumnya, bahkan terkadang ada iklan yang muncul sendiri dengan membuka halaman tab browser baru.

Atau mungkin saja anda ketika melakukan pencarian di internet tiba-tiba hasil pencarian paling atas banyak terdapat iklan yang menyerupai hasil pencarian tapi tidak relevan dengan kata kunci yang anda gunakan, bahkan terkadang muncul juga di sebelah kanan hasil pencarian.

Bahkan ada juga ketika anda membuka tab baru default hasil pencarian selalu di alihkan ke halaman situs yang tidak anda kenal sama-sekali.

Setidaknya jika anda sering berinternet, anda bisa jadi pernah mengalami hal demikian, jika itu sedang anda alami saat ini di computer anda, maka kemungkinan besar penyebabnya adalah computer anda terkena serangan malware.

Menghilangkan iklan malware penganggu di browser komputer pc atau laptop


Malware (Malicious Software) adalah suatu program yang dirancang dengan tujuan untuk merusak atau menganggu dengan menyusup ke sistem komputer.

Malware mencakup virus, worm, trojan horse, sebagian besar rootkit, spyware, adware yang tidak jujur, serta software-software lain yang berbahaya dan mengganggu dan tidak diinginkan oleh pengguna PC.

Parahnya lagi terkadang malware tidak terdeteksi oleh antivirus, karena memang terkadang bukan virus, aktivitas malware hanya menginstal aplikasi tertentu dengan cara dipaksa tanpa persetujuan anda.


Ciri komputer yang sudah terkena malware

Tidak semua pengguna komputer sadar bahwa komputernya sudah terserang malware, untuk mengenali malware di komputer anda anda bisa mengenal ciri-cirinya.

Jika beberapa masalah di bawah ini muncul di browser anda baik itu Google Chrome, mozila firefox dan browser lainnya yang anda gunakan, itu artinya ada software yang tidak diinginkan atau malware terinstal di komputer Anda.



Ciri-ciri browser sudah ditempeli malware:

  • Iklan pop-up selalu muncul dan tidak dapat dihapus.
  • Beranda atau mesin telusur di browser yang anda gunakan selalu berubah atau tidak disetel ke Google lagi.
  • Ekstensi Chrome atau toolbar yang tidak diinginkan terus muncul.
  • Anda terus-menerus dialihkan ke halaman web yang tidak dikenal.

Jika anda menemukan ciri-ciri di atas pada browser yang anda gunakan ketika berinternet, maka itu artinya komputer anda sudah disusupi malware.

Bagaimana Iklan malware bisa bermunculan di browser komputer tanpa diketahui?

Ada banyak cara bagaimana malware bisa masuk ke system computer anda salah satunya karena anda menginstal sebuah software tipuan yang sebelumnya anda anggap software yang anda kenal, tapi ternyata ketika proses install tidak bisa dicancel, dalam sekali klik biasanya akan langsung menginstal berbagai macam program pengganggu tanpa bisa anda batalkan.

Jadi hati-hati saja, ketika anda melakukan download software, pastikan dari sumber terpercaya, dan pastikan lihat kapasitasnya,  jika kapasitasnya diperkirakan aneh, tidak sesuai yang seharusnya, maka lebih baik jangan lakukan install, karena bisa jadi itu merupakan malware, yang akan secara otomatis menginstal aplikasi yang dapat memodifikasi system anda dan juga browser yang anda gunakan, sehingga memunculkan iklan atau melakukan redirect ke situs-situs tertentu.

Pengguna computer awam yang tidak banyak pengalaman berinternet biasanya akan menjadi korban, karena mereka anggap software yang mereka download adalah software yang mereka inginkan, padahal bukan, Sehingga tanpa mereka sadari langsung saja menginstalnya, alhasil bukan software yang diinginkan yang mereka dapatkan, justru malware yang langsung bersarang di system komputernya.

Malware biasanya sulit dihilangkan, karena meskipun diinstal biasanya tidak bisa di uninstall, karena fasilitas uninstalpun tidak tersedia, karena memang aplikasi tersebut dibuat sengaja demikian untuk mendapatkan keuntungan tertentu dengan bantuan aktivitas anda ketika berinternet.


Cara Ampuh menghilangkan Iklan Mallware di Browser computer pc atau laptop

Walaupun tidak tersedia fasiltias uninstall, iklan-iklan yang sering bermunculan karena malware, masih bisa dihilangkan dengan tool-tool khusus yang memang sengaja dibuat untuk menghilangkan malware.


Berikut tips cara membersihkan malware yang saya kutif berdasarkan saran dari team google:

Langkah 1: Hapus program yang tidak diinginkan untuk Chrome (khusus Windows)

Jika Anda menggunakan komputer Windows, anda bisa menggunakan Alat Pembersih Chrome akan mencari program mencurigakan di komputer dan menawarkan untuk menghapusnya. Pelajari lebih lanjut tentang program apa saja yang dihapus.

Jika Anda menggunakan komputer Mac atau Linux, lanjutkan ke Langkah 2.

  • Di komputer Windows, silahkan download Alat Pembersih Chrome.
  • Klik Download sekarang.
  • Baca persyaratan layanan, lalu klik Terima dan Download.
  • Saat file didownload, Anda akan melihatnya di bagian bawah. Klik nama file (chrome_cleanup_tool.exe).
  • Windows akan menanyakan apakah Anda ingin menjalankan file. Klik Jalankan.
  • Alat Pembersih Chrome akan memindai komputer. Anda akan melihat daftar software perusak yang ditemukan.
  • Klik Hapus program mencurigakan.
  • Chrome akan membuka tab baru, dan meminta Anda menyetel ulang setelan. Klik Setel Ulang.

Langkah 2: Hapus program yang tidak diinginkan (semua komputer)


Jika telah membeli atau mendownload software antivirus, gunakanlah untuk menemukan dan menghapus program berbahaya.

Anda juga dapat mencoba MalwareBytes, program anti-malware untuk menemukan program berbahaya lainnya yang tidak dapat dihapus oleh Alat Pembersih Chrome.

silahkan anda download lalu instal dan jalankan dikomputer anda, lakukan scan lalu karantina.

Jika anda pengguna MaCOS

Untuk pengguna komputer mac, anda juga dapat menghapus malware dan program lain di komputer mac anda yang mungkin terinstal secara tidak sengaja, cara-caranya adalah sebagai berikut:
  1.  Pada komputer Mac, di bagian bawah, buka Finder.
  2.  Di sebelah kiri, klik Applications.
  3.  Cari program yang tidak dikenali.
  4.  Klik kanan pada nama program yang tidak diinginkan.
  5.  Klik Move to Trash.
  6.  Setelah selesai, di bagian bawah, klik kanan Trash.
  7.  Klik Empty Trash.

Langkah 3: Setel ulang setelan browser (semua komputer)

Untuk pengguna browser google chrome
  • Di komputer, buka Chrome.
  • Di kanan atas, klik Lainnya Lainnya berikutnya Setelan.
  • Di bagian bawah, klik Lanjutan.
  • Di bagian "Setel ulang", klik Setel ulang.
  • Konfirmasi dengan mengklik Setel ulang.
Untuk pengguna browser Mozila firefox:
  • Buka mozila firefox
  • Tekan tombol ALT untuk memunculkan menu
  • Klik menu bantuan > Mulai ulang dengan pengaya dinonaktifkan
  • Silahkan tunggu dan lakukan restart pada firefox anda.

Semoga dengan cara-cara di atas bisa menghilangkan iklan yang sering bermunculan di browser anda karena ulah malware yang terinstal secara tidak sengaja.

Itulah  Cara menghilangkan Iklan Mallware di Browser computer pc atau laptop, semoga membantu.

No comments:

Post a Comment